Khotib Sholat Jum'at

KH. Son'ani Mahfudz Saat Mengisi Kegiatan Rutin Rijalul Ansor Ngantang (Foto: Istimewa)

NUKITA.ID, MALANG – NU dalam sejarahnya mampu merubah ideologi masyarakat Indonesia yg sudah menjadi sbg negara yg notabane nya beragama hindu dan budha merupakan hal yg sangat sulit dilakukan oleh para pendakwah agama Islam di Indonesia melalui Wali Songo. 

Ideologi adalah pemahaman hidup sesuai dengan pemahaman aturan atau agama masing2 individu. 
Saat ini, kita sedang berperang ideologi, karena manusia (masyarakat) tanpa adanya ideologi yg benar dan tepat, maka akan hancur sebuah masyarakat tersebut. Selain itu, kita kecolongan akan hadirnya HTI dengan  ideologi Islam yg tidak An Nahdliyah. Yang sudah merongrong kita (NKRI) dan kita sebagai warga NU harus mengetahui dan menguatkan ideologi kita akan Islam An Nahdliyah. 
 
Sholat Jum'at, sebagai  khotib adalah bertugas untuk mengajak jama'ah yang hadir untuk selalu mengingat Allah dan mengajak untuk selalu di jalan Allah dalam menjalankan kehidupan sehari hari. Dalam khutbah, Khotib harus mampu memberikan kemanfaatan dan kearifan kehidupan dalam kehidupan sehari hari, himbauan dan anjuran selalu dalam jalan Allah bagi jama'ah sholat jum'at. Jangan lah dalam khutbah jum'at di isi dengan materi khutbah akan perkembangan politik, ekonomi, sosial dan hal2 yg diluar dari budaya khutbah sejak jaman Nabi Muhammad. Karena sejak jaman Nabi Muhammad, khutbah jum'at itu berisi akan materi ajakan, himbauan dan anjuran untuk selalu mengajak menjalankan ibadah kepada Allah, selalu mengingat kepada Allah SWT. Sehingga para jamaah sholat jum'at akan merasa ingat dan mengingat unt senantiasa menjalankan ibadah sehari hari dengan baik dan tertib.
 
Sebagai Khotib harus memenuhi syarat-syaratnyanya yang ada 7.
Dalam menjalankan ibadah sholat Jum'at, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sehingga menjadi syarat sahnya sholah jum'at. 
Syarat Khutbah Jum'at
1. Berdiri
2. Baca Hamdalah
3. Baca Sholawat
4. Menyampaikan isi materi
5. Duduk diantara 2 khutbah
6. Wasiat Taqwa
7. Baca ayat Al Qur' an
8. Do'a
9. Berkelanjutan

Berita Lainnya

berita terbaru
Bulan Rajab yang mulia

Anjuran Do'a panjang umur selama Bulan Rajab

26/02/2020 - 11:07

Comments